Senin, 11 April 2016

on 6 comments

Cara Membuat Pakan Sapi Fermentasi

Inidia cara membuat pakan sapi fermentasi yang efektif dalam meningkatkan kualitas ternak sapi


Cara Membuat Pakan Sapi Fermentasi
Cara membuat pakan sapi fermentasi ,-bagi anda yang saat ini sedang mencari informasi tentang bagaimana cara membuat pakan sapi fermentasi , kini anda tidak perlu lagi mencarinya karena dalam artikel ini akan saya paparkan paparan mengenai bagaimana cara membuat pakan fermentasi sapi . Untuk itu pastikan anda menyimak dengan benar langkah demi langkah pembuatan pakan fermentasi sapi tersebut .

Sebelum saya memaparkan tentang bagaimana cara membuat pakan sapi fermentasi tersebut , terlebih dahulu akan saya ulas sedikit ulasan mengenai apa itu pakan fermentasi dan apa manfaatnya bagi hewan ternak seperti sapi . 

Nah bagi anda yang belum tau apa itu pakan fermentasi , pakan fermentasi merupaka sebuah pakan hewan ternak yang terbuat dari bahan limbah organik yang diolah dengan cara di fermentasi sebelum pakan tersebut diberikan kepada hewan ternak . 

Manfaat Pakan Fermentasi
Sangat banyak manfaat manfaat yang bisa didapatkan dari pemberian pakan fermentasi ini , yang mana beberapa manfaat pakan fermentasi tersebut diantaranya seperti dibawha ini.

  • Pakan dapat disimpan sesuai kebutuhan
  • Meningkatkan nafsu makan sehingga mempercepat pertumbuhan ternak
  • Daging hewan terutama kambing rendah kolesterol dan tidak “prengus”
  • Kotoran hewan tidak menimbulkan bau/amoniak
  • Kotoran/limbah hewan berkualitas untuk dimanfaatkan menjadi pupuk

Nah setelah mengetahui beberapa manfaat dari pemberian pakan fermentasi diatas , sekarang saatnya bagi saya untuk memberikan langkah demi langkah pembuatan pakan fermentasi ternak sapi . Adapun dalam metode pembuatan pakan kali ini akan saya metode pola HCS dengan SOC . 

JIka anda bertanya kenapa saya gunakan pola HCS dengan SOC , karena dengan menggunakan cara ini hewan ternak anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang diantaranya seperti di bawah ini : 

Cara Membuat Pakan Sapi Fermentasi
SOC - Cara Membuat Pakan Sapi Fermentasi
>> LIHAT CARA PEMESANAN DI BAWAH ARTIKEL<<
  • Menyehatkan ternak
  • Mengurangi biaya produksi dan perawatan, karena jika menggunakan produk lama yang berbahan kimia biaya operasionalnya mahal.
  • Mengurangi stress dan menekan penyakit, sehingga memperkecil angka kematian.
  • Meningkatkan antibodi pada ternak sehingga tidak gampang diserang penyakit.
  • Menyeimbangkan mikroorganisme di dalam rumen dan meningkatkan nafsu makan.
  • Mempercepat pertumbuhan ternak
  • Meningkatkan kesuburan dan meningkatkan produksi daging, sehingga akan lebih menguntungkan peternak.
Nah beberapa manfaat diatas yang menjadi alasan bagi saya untuk cara membuat pakan sapi fermentasi , adapun untuk caranya bisa anda lihat di bawah ini :

Step by step cara membuat pakan sapi fermentasi pola HCS dengan SOC


Alat dan bahan yang diperlukan
  • Tempat pembuatan dan tempat fermentasi ( Terpal dan Tong / plastik besar ) 
  • Limbah organik ( jerami atau gedebog pisang yang sudah dicacah ) sebanyak 80% dari banyaknya pembuatan
  • Ampas tahu sebanyak 15 % dari banyaknya pembuatan pakan
  • Bekatul sebanyak 5 % dari banyaknya pembuatan pakan
  • Garam
  • Gula pasir , mulase atau tetesan tebu  1/2 liter / 100kg pembuatan
  • Dan yang terpenting adalah larutan SOC dari HCS sebanyak 5 tutup botol / 100 kg pembuatan pakan
Cara pembuatan pakan fermentasi
Nah setelah semua bahan sudah terkumpul , sebelum melakukan pembuatan pakan fermentasi terlebih dahulu anda harus melarutkan larutan SOC  + Tetesan tebu / gula pasir + AIR  dengan takaran ( 5 Tutup botol SOC +  1/2 liter tetsan tebu + air secukupnya ) Larutkan / diamkan larutan ini selama 15 menit .

Sebari menunggu larutan diatas selesai , sekarang anda bisa melanjutkan proses pembuatan nya seperti dibawah ini : 

  1.  Siapkan tempat pembuatan ( terpal ) . 
  2. Setelah tempat pembuatan tersedia , sekarang masukan bahan limbah organik seperti jerami / gedebog
  3. Setelah itu masukan kembali ampas tahu dan bekatul
  4. Lalu taburkan garam dipermukaan bahan-bahan tadi secara merata 
  5. Selanjutnya siram semua bahan tadi dengan larutan dari SOC + GULA + AIR yang sudah dilarutkan tadi 
  6. Setelah itu aduk semua bahan tadi hingga merata 
  7. Setelah proses pengadukan selesai ,sekarang anda siapkan tempat fermentasinya bisa dengan tong besar atupun bisa juga dengan plastik besar .
  8. yang terkhir masukan semua bahan yang sudah di olah tadi kedalam tong atau plastik besar , setelah semuanya masuk kedalam tong tersebut , tutup tong atau plastik dengan kuat sehingga sampai tidak ada udara yang masuk kedalam (kedap udara) .
  9. Proses fermentasi pakan ternak sedang berlangsung , tunggu hingga 24 jam pakan feremtasi ini jadi untuk bahan yang terbuat dari jerami , dan untuk bahan yang terbuat dari gedebog , anda bisa menunggunya sampai 3 jam saja . 
 Cara membuat pakan sapi fermentasi sudah selesai , sekarang anda bisa langsung memberikan nya kepada hewan ternak anda , adapun untuk cara pemberiannya sendiri ada di bawah ini .

Cara pemberian pakan fermentasi
Untuk pemberian pakan fermentasi nya sendiri sangatlah mudah dan sama seperti pemberian pakan biasa , tapi sebelum pakan diberikan , alangkah lebih baiknya jika pakan fermentasi tersbebut dianginkan terlebih dahulu selama 15 menit . Setelah itu pakan bisa langsung diberikan.

Jika dalam pemberian pakan ini sapi tidak mau makan , ini merupakan hal yang biasa terjadi untuk yang baru saja memberikan sapi pakan fermentasi , solusinya terus berikan pakan fermentasi ini secara perlahan , lama kelamaan sapi juga bisa memakan pakan fermentasi ini .

==================

Di dalam cara membuat pakan fermentasi diatas , terdapat satu produk yang bernaman SOC yang menjadi bahan terpenting dalam pembuatan pakan fermentasi, nah jika anda ingin mencoba mengaplikasikan / membuat pakan fermentasi ternak sapi seperti diatas , anda bisa mendapatkan SOC nya dari kami .

kami menerima pemesanand dari seluruh wilayah di indonesia , adapun untuk cara pemesanan nya sendiri dilakukan via SMS dengan format yang telah ditentukan , adapun untuk formatnya sendiri ada di bawah ini :

CARA PEMESANAN SOC 
Untuk pemesanan suplemen obat cair tersebut sangatlah mudah , yakni cukup dengan mengirimkan format pemesanan via SMS dengan format yang telah ditentukan seperti dibawah ini , Perlu anda ingat . Dalam setiap pemesanan anda harus menyantumkan kode SOC-DD Agar pesanan anda dapat di proses dengan cepat .
 

Format Pesanan Via SMS :

Ketik : SOC-DD : Nama Anda : Jml Pesanan : Alamat lengkap : NO.Tlp/Hp
Kirim SMS ke => 0822 1453 8282 *Tarif SMS normal


 Contoh Pemesanan 5 botol

   ketik : SOC-DD : H.Ahmad M : 5 Botol : P.sukahening RT.01/RW.06 Kec.Tamansari ,Kel.Sumelap , Kota Tasikmalaya : 085 223 197


 
 MASIH BINGUNG ? ATAU ADA PERTANYAAN ?

Jika anda masih bingung atau ada pertanyaan yang ingin disampaikan , anda bisa langsung menghubungi customer service kami dibawah ini : 

CS : 0822 1453 8282 </> PIN BB : 798465BE
***************
Artikel Terkait : 
 Terimakasih tas kunjungan nya ke halaman artikel mengenai Cara Membuat Pakan Sapi Fermentasi semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda khusus nya anda yang saat ini mempunyaiusaha dibidang peternakan  .

Post by : Cara Membuat Pakan Sapi Fermentasi

6 komentar:

  1. Masukkan komentar Anda...
    Berapa harga satu botol soc

    BalasHapus
  2. Info selengkapnya HUB CS : 0822 1453 8282 PIN BB : 798465BE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klu sapi nya bunting,boleh gak kita kasih makanan fermentasi.

      Hapus
    2. Klu sapi nya bunting,boleh gak kita kasih makanan fermentasi.

      Hapus
  3. Kalau sudah di fermentasi apakah masih di kombor

    BalasHapus
  4. Saya jadi tertarik tuk mencoba soalnya dilangkat Sumut cari rumput susah susah pd diracuni lahan perkebunannya.jadi doc solusi tuk peternak.

    BalasHapus